Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

KATA PENGANTAR

 

Lahirnya Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang pemerintah dan Undang-undang Nomor 33 Tahun2004 tentang Perimbangan Keuangan Daerah memberikan keleluasaan lebih besar dan luas kepada daerah untuk mengatur dan pengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan kemampuannya dengan demikian perlu diadakan proses adaptasi dalam berbagai segi kehidupan mulai dari perumusan kebijakan, kelembagaan, kepegawaian keuangan dan lain-lain sebagainya.

Pemerintah yang baik (Good Governance) merupakan paradigma kunci keberhasilan dalam penyelengaraan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita yang di inginkan. Untuk mewujudkan pemerintah yang baik tersebut diperlukan sistem administrasi yang baik dan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas untuk menerapkan nilai dan prinsip yang mampu menciptakan dan melaksanakan sistem "check and balance" dalam kehidupan pemerintah dan pembangunan.

TAP MPR No. XI/MPR/1999 yang ditindaklanjuti dengan Undang-Undang nomor 28 tahun 1999 telah mengamanatka penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN, salah satu upaya untuk mewujukan amanat tersebut pemerintah telah mengeluarkan INPRES Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah disamping upaya penegakan hukum dan upaya-upaya lainnya.

Inpres tersebut memberikan kewajiban bagi setiap Pejabat Instansi Pemerintah untuk melaksanakan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), dengan menyusun rencana strategis lima tahun kedepan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) setiap tahun.

Dalam rangka memenuhi maksud Inpres Nomor 7 Tahun 1999 disusun Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini diharapkan akan dapat dijadikan pedoman dalam rangka menyelenggarakan pemerintah dan pembangunan yang terarah pada terwujudnya pemerintah yang baik (Good Governance) disamping sebagai tolak ukur untuk menilai kinerja Badan Kepegawaian Daerah itu sendiri.

Semoga penyusunan Renstra ini bermanfaat bagi kita sebagai penyelenggaraan pemerintah.

Kuala Tungkal, Januari 2015

 

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
dto
Ir. Z U L K I F L I
Pembina Utama Muda
NIP. 19661210 199303 1 005